6 Tahun SAANANE

Gerakan komunal. Dulu istilah inilah yang dingiangkan di kupingku oleh sahabatku Johan Argono, seorang akademisi edukator dari Wlingiwood. Dengan berbasis istilah itulah kami lalu mendirikan komunitas yang kami namakan SAANANE. SAANANE artinya seadanya. Maknanya adalah bahwa kita bisa berkarya tanpa dibatasi oleh kondisi. Itu kami buktikan dengan produksi rutin tiap tahun. Kalau sekarang banyak yang melihat kegiatan film di kota ndeso ini begitu aktif, itu tak lepas dari sanggar kreatif ini.


SAANANE berdiri dengan pemikiran bahwa anak muda perlu mendapat wadah penyaluran bakat dan energi. Saya sendiri orangnya kan gampang prihatinan. Misalnya lihat anak-anak muda nongkrong tanpa kegiatan, vandalis, mulai ngonsumsi narkoba dll. Nah daripada cuman update status mengeluh keadaan (yang mana hanya akan jadi wacana) saya berpikir bahwa mustinya ada yang bisa dilakukan sekecil apapun. Kebetulan di Wlingiwood saat itu belum ada kegiatan yang neko-neko semacam sanggar kreatif.


Berbekal niat sederhana ingin “pecicilan” maka terbentuklah Sanggar SAANANE. Komunitas ini menjadi semacam universitas, padepokan, paguyuban atau apapun selama kita masih bisa “obah” dan “pecicilan”. Entah apa yang sekarang dicapai oleh para warga komunitas ini setelah kemudian terjun di masyarakat, yang jelas kalo saya pribadi bisa bilang….saya sekolah film itu di sini. Gurunya siapa? Ya keadaan, ya permasalahan, ya keterbatasan.















Sanggar SAANANE adalah sebuah embrio dari gerakan kreatif di Wlingiwood. Bagi kami ini adalah gerakan nyata sebagai antitesis “nulis status doang”. Keadaan yang kita keluhkan mungkin sukar diubah, tapi pasti ada satu langkah kecil yang bisa kita lakukan. Wlingiwood itu aslinya cuman ndeso. Rasa-rasanya nyaris mustahil bikin kegiatan film di sini. Lha wong film itu kan hobi mahal…
Tapi kalo nggak dicoba ya gimana kita tahu?

Atau kita tetap saja menyalahkan keadaan?

Happy ambal warso Sanggar SAANANE (sejak 2009)

Sekilas tentang Sanggar SAANANE bisa dibaca di SINI.


Wlingi 1 Mei 2015


Gugun, lulusan SAANANE dan Wong Wlingiwood

Artikel lain yang mungkin mau anda baca:

Sebarkan artikel ini:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011.    WLINGIWOOD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template supported super blog pedia
Proudly powered by Blogger